Jaringan Komputer

Perangkat Jaringan-P3

Kelompok : - Hidayatul Mukhlisin       (12183635)
                    - Restu Gusti Pratama       (12183403)
                    - Maghazi Zidane              (12184712)


      Jaringan computer terdiri dari beberapa komponen hardware, dan software. dari sekian banyaknya, kami hanya menampilkan 3 buah hardware jaringan computer.

1. Repeater

          Repeater Bertasal dari bahasa inggris “ Repeat “ yang artinya pengulangan. Secara terminology, definisi repeater yaitu alat yang berfungsi untuk mengulang atau meneruskan kembali signal ke area sekitar perangkat ini dengan mudah

Fungsi Repeater adalah untuk menyebarkan jangkauan sinyal. Sinyal Wifi yang tidak terjangkau oleh sinyal dari server yang mana tujuannya itu untuk menangkap sinyal wifi.

Menurut Herlambang dan Aziz “2008” menyatakan Repeater mempunyai fungsi sebagai penguat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen kabel kemudian memancarkan kembali sinyal itu dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli di segmen kabel lain.

Fungsi Repeater antara lain yaitu:
  • Untuk mencangkup daerah yang lemah sinyal dari server “pemancar”.
  • Untuk memudahkan akses sinyal Wifi yang dari server.
  • Untuk meluaskan jangkauan sinyal dari server atau pemancar.


Untuk memenuhi fungsi tersebut Repeater terbagi menjadi dua alat yaitu sebagai penerima sinyal dari server “client” dan sebagai penyebar sinyal wifi “Acces Point”.
Sumber : "Klik disini"
2. Bridge
Bridge adalah suatu alat yang bisa menghubungkan jaringan computer LAN “ Local Area Network ” dengan jaringan LAN yang lain. Bridge bisa menggunakan tipe jaringan yang berbeda beda.

            Alat ini bekerja pada data Link layer model OSI “ Open System Interconnection ” karena itu bridge bisa menyambungkan jaringan komputer yang memakai metode transmisi atau medium access control yang tidak sama atau berbeda. Bridge juga ialah alat yang bisa mempelajari alamat link yang ada pada setiap perangkat yang terhubung dengannya dan juga mengatur alur frame berdasarkan alamat tersebut.

Ciri-Ciri Bridge
Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri bridge, terdiri atas:
  • Bridge dapat mengontrol broadcast pada jaringan yang terkoneksi melalui dirinya.
  • Seperti halnya fungsi switch, Bridge juga dapat mempelajari paket frame yang diterima dan alamat MAC tujuan untuk melakukan transmisi data/paket.
  • Bridge dapat membantu membuat segmen jaringan luas menjadi lebih kecil agar mudah di monitor.
  • Bridge juga dapat melakukan routing.

Adapun fungsi dari bridge diantaranya sebagai berikut ini:
  • Bridge dapat berfungsi menghubungkan 2 buah jaringan komputer LAN yang sejenis, sehingga dapat memiliki satu jaringan LAN yang lebih besar dari ketentuan konfigurasi LAN tanpa bridge.
  • Bridge juga dapat menghubungkan beberapa jaringan komputer yang terpisah, baik itu tipe jaringan yang sama maupun yang berbeda.
  • Bridge juga dapat berfungsi sebagai router pada jaringan komputer yang luas, hal seperti ini sering dinamakan dengan istilah “Bridge-Router”. Lalu bridge juga dapat men-copy frame data yaitu dari suatu jaringan yang lain, dengan alasan jaringan itu masih terhubung. Dan masih banyak lagi fungsi lainnya dari bridge.

Sumber : "Klik disini"


2. Network Interface Card ( NIC )


Network Interface Card pada dasarnya terbagi menajdi dua jenis. Berikut ini adalah kedua jenis Network Interface Card :

  • Network Interface Fisik / Physica
          Sesuai dengan namanya, Network Inteface card fisik merupakan sebuah Network Interface yang dapat didefinisikan secara fisik, berbentuk kartu dan ditancapkan pada slot di dalam motherboard. NIC fisik inilah yang biasa kita gunakan sehari – hari, yang memiliki port RJ – 45 untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke dalam jaringan menggunakan kabel.
  • Network Interface Logis / Logical

Berbeda degan NIC fisik, NIC logis merupakan sebuah Network Intrface Card yang tidak dpat didefinisikan secara fisik. Itu artinya, NIC Logis merupakan sebuah software atau sebuah program yang dibuat untuk mendefinisikan dirinya seolah – olah menjadi sebuah Network Interface Card.
Sumber : "Klik disini"

Posting Komentar

0 Komentar