Jaringan Komputer

Menjelaskan Fungsi Fungsi Protokol - P11

Kelompok : - Hidayatul Mukhlisin       (12183635)
                    - Restu Gusti Pratama       (12183403)
                    - Maghazi Zidane              (12184712)



1. ICMP

ICMP adalah kependekan dari Internet Control Message Protocol. ICMP digunakan peralatan-peralatan yg terhubung melalui jaringan internet untuk keperluan analisa jaringan. Penggunaan ICMP yang terkenal adalah ping dan traceroute.

sumber : link

Fungsi dari ICMP :

1.Membantu proses error handling / melaporkan apabila terjadi error pada sebuah jaringan

2. Membantu control procedure atau prosedur pengaturan pada sebuah jaringan

3. Menyediakan pengendalian error dan pengendalian arus pada network layer atau lapisan jaringan

        sumber : link 


2. POP3

POP3 adalah sebuah protocol internet atau jaringan yang digunakan untuk mengambil surat elektronik atau email dari server email ke dalam device atau client email yang anda miliki.

Fungsi dari POP3 :

Fungsi utama dari POP3 ini adalah untuk menyimpan sementara email yang terkirim di dalam sebuah email server, dan kemudian meneruskannya ke dalam email client, dimana baru akan terespon ketika email tersebut sudah dibuka oleh user yang berhak (dalam hal ni adalah mereka yang memegang username dan juga password dari alamat email).

   sumber : link


3. SMTP

SMTP sendiri merupakan kependekan dari Simple Mail Transfer Protocol. Apabila kita artikan secara harafiah, maka bisa dikatakan bahwa SMTP merupakan sebuah protocol yang digunakan untuk melakukan proses pengiriman dan penerimaan (proses transfer sebuah surat secara elektronik), namun dengan menggunakan sebuah acara teknis yang simple dan mudah untuk dipaham dan diimplementasikan.

sumber : link 

Fungsi dari SMTP :

·         Membantu proses pengiriman surat elektronik menjadi lebih mudah dan cepat.

·         Kerahasiaan pribadi lebih terjaga.

·         Terdapat banyak vendor yang sudah menyediakan layanan email bagi para user.

·         Mempermudah Anda dalam sistem komunikasi, terutama bagi Anda yang berada di lokasi jauh seperti di luar pulau atau luar negeri.

·         Bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

·         Tidak membutuhkan biaya yang mahal karena tidak membutuhkan perangko.

·         Hemat tenaga bagi penggunanya.

            sumber : link 


4. FTP

FTP (File Transfer Protocol) adalah internet service yang dirancang untuk membuat sambungan ke server internet tertentu atau komputer, sehingga user dapat mengirimkan file ke komputer (download) atau mengirimkan file ke server (upload). FTP saat ini banyak digunakan untuk melakukan pertukaran data, karena lebih mudah daripada menggunakan perangkat kabel atau fisik.

Fungsi dari FTP :

·         Melakukan upload halaman website ke dalam web server/web hosting ke internet

·         Menjelajah dan mengunduh file dari situs perangkat lunak publik

·      Mengirimkan file yang berukuran besar menjadi dua partisi yang mungkin saja terlalu besar untuk lampiran di dalam email

·         Mengunduh dan melakukan upload konten, seperti tugas kuliah ke FTP server

·         Mendistribusikan revisi terakhir program yang dilakukan oleh pengembang perangkat lunak

sumber : link 

5. ARP 

ARP (Address Resolution Protocol) adalah protokol jaringan yang digunakan untuk mengetahui alamat perangkat keras (MAC) dari suatu perangkat dari alamat IP. Ini digunakan ketika perangkat ingin berkomunikasi dengan beberapa perangkat lain di jaringan lokal (misalnya pada jaringan Ethernet yang membutuhkan alamat fisik untuk diketahui sebelum mengirim paket).

sumber : link

Penting bagi kita untuk mengetahui apa saja peranan dari protokol ARP ini. Oleh karena itu, berikut saya jabarkan sedikit apa saja fungsi serta peran dari Protokol ARP.

1. Peran protokol ARP ini sangat penting dalam jaringan, terutama mengenai komunikasi data yang terjadi dalam jaringan. Setiap host yang tergabung atau terhubung dalam sebuah jaringan LAN saling berkomunikasi menggunakan alamat fisik (Mac Address) dan tidak menggunakan alamat logis (IP Address).

2. Dikatakan pada poin nomor satu, bahwa setiap Host berkomunikasi menggunakan alamat fisik (Mac Address). Jadi, mau tidak mau setiap sebuah Host yang ingin berkomunikasi dengan Host lain harus mengetahui Mac Address yang dimiliki oleh Host tujuannya tersebut.

3. Lalu bagaimana sebuah Host bisa mendapatkan informasi mengenai Mac Address dari Host tujuannya? Jawabannya adalah pada tahapan transfer data. Sebelum sebuah data diberikan Mac address, terlebih dahulu data tersebut diberi alamat logis berupa IP Address. IP address yang ditambahkan ini merupakan IP address dari Host pengirim dan Host penerima.

4. Baru kemudian menentukan alamat fisik atau Mac Address dari Host tujuan. Nah, apabila belum diketahui alamat fisiknya, mau tidak mau harus dicari terlebih dahulu. Disinilah peran protokol ARP, dengan memanfaatkan informasi IP address Host tujuan yang ada, maka Host pengirim melakukan pencarian dengan menugaskan Protokol ARP.

sumber : link

Posting Komentar

0 Komentar